haihaihaiiii... ketemu lagi nih sama aku. udah lumayan lama nih aku ga ngeblog hehe.
oh iya sepeti biasa aku akan sharing ilmu ke kalian semua lohh dan kali ini aku bahas tenta " cara installasi active directory dan dns di windows server 2012" 


cusss langsung aja lihat tutorialnya...





Komponen terpenting jika kita ingin membuat sebuah domain adalah DNS (Domain Name Server) dan tanpa domain kita tidak bisa membuat Domain.

Sebelum memulai Installasi DNS kita harus menginstall Windows Server R2012 terlebih dahulu 


1. Pertama kalian harus setting/konfigurasi networknya menjadi 'Bridge adapter'





2. Karena disini aku menggunakan STATIC, jadi seting secara manual IP nya sesuai keinginan kalian.





3. Ok, selanjutnya masuk dulu ke server manager windows servernya, dan pilih 'manage' dan pada sub menu pilih 'add roles an features' .






5. Setelah tadi klikk 'add roles and featuers' akan ada windows keluar dan disitu 'before your begin' maksud pada bagian ini adalah peringatan sebelum memulai menambahkan features di windows servernya. Pada bagian 'skip this page by default' beri tanda centang dan klik 'next'





6. Selanjuitnya tahap memilih tipe installasi, yaitu pilih 'role based or feature based installation' fungsinya untuk konfigurasi server dengan cara menambahkan role,service role, dan feature.





7. Selanjutnya tahap 'select destination server' disini kalian akan memilih server mana yang akan di konfigurasi/diinstall Active Directory, DNS, dan pilihan server akan muncul di 'server pool'. lalu klik 'next'





8. Yapasss selanjutnya menambhkan atau memilih roles yang akan ditambahakan. karena disini aku akan menambhakan 'Active Directory' dan 'DNS' maka pilih kedua itu.





9. JIka tadi kalian klik 'Active Directory Domain Service' maka akan muncul windows seperti gambar dibawah ini. lalu klik 'add features'




10. Selanjutnya, menambah features, ikuti saja seperti gambar dibawah, lalu klik 'next' untuk langkah berikutnya





11. Pada tahap ini sebetulnya hanya catatan saja, jadi klik saja 'next'





12. klik 'next' untuk lanjut ke tahap berikutnya.





13. Berikutnya tahap confirmation, yaitu mengkonfirmasi bahwa sudah benar atau belum yang akan diinstal. jika merasa sudah benar klik 'install' untuk memulai instalasi.





14. Dan proses intallasi sedang berjalan, tunggu beberapa menit yaa.





15. Jika proses penginstallan selesai klik 'close'





16. Setelah proses installasi selesai, kita pergi dashboard 'server manager' dan disitu ada 'AD DS' dan 'DNS', kenapa ada ? karena tadi sudah kita install. jadi installasi sudah selesaiiii.





Yapsss itulah tutorialnyaa jangann lupa dicobaa yaaa dan tunggu pos aku selanjutnyaa. Babayyyyy!!!

~TRIMAKASIH~

















0 komentar:

Posting Komentar

 
Top