Haiiii... ketemu lagi sama aku kali ini aku akan membagi sedikit ilmu tentang " cara menginstall centOS7" lohhh.  Aku ngepostnya detaiill lohh jadi kalian harus pahamm yaa :D




Oh iya kalian tau gak sih apa itu "Centos" ? oke aku kasigih tau nihh centos itu : operasi sistem berbasis llinux , nahh biasanya digunakan untuk server  ataupun penggunaaan sehari hari. faham ga ? kalo kurang faham searching lagii yaa sampai faham. hehe..


1. pertama kalian buka dulu virtual box yang udah diinstal sama kalian yaa, kemudian klik new untuk memberi nama dan memilih sistem operasi apa yang ingin kita install.




2. selanjutnya, menentukan ukuran memory sesuai degan yang kalian gunakan



3. pilih create a virtual hardisk now lalu klik create



4. Piih VDI (virtual box disk image ) lalu klik next



5. Pilih "Dynamically Allocated"Lalu klik "Next".



6. Tentukan Ukuran dari file location and Size nya, jika sudah klik     "Next"




7. klik "start" untuk memulai proses installanya.




8. klik tombol kuning kecil disebelah kanan, untuk mencari file sistem operasi dari windows server 2012 yang kita punya. lalu klik "start"




9.  Arahkan pada bacaan " text this media & install centOS7" lalu klik "enter"



10. yuhuuu... selamat datang di centOS7. Oh iya kalian tentukan bahasa sesuai yang kalian inginkan yaa.. kalo aku sih disini pake bahasa indonesia sebetulnya sih pake bahasa inggris juga bisa kok.



11. yaps jika kalian sjudah memilih bahasa, nanti akan muncul gambar seperti dibawah ini dan kita di suruh untuk setting waktu, keyboard,bahasa, installation source, software selection, installation destination, network dan hostname. 



oh iya disini aku hanya mensetting "installation destination/ tujuan installasi, network & hostname
karena yang lainnya tidak pengaruh di apa apa jadi aku hanya mensetting 2 ini saja. lihat ya caranyaa ... :D


12. "Installation Destination/Tujuan Instalasi. disini  kita menentukan destinasi penginstallan atau biasa kita sebut ngatur hardisk. jika sudah klik "selesai"





13. "Network & Hostname" pada tahap ini kalian disuruh untuk aktifkan ethernet. jika sudah klik "selesai"





14. kalian harus mengisi kata sandi root dan nama pengguna. jika sdah klik "mulai installasi" untuk melanjutkan tahapnyaa





15. jika sudah mengisi kata sandi root dan mana pengguna kalian tunggu sampai proccesing nya selesai (100%)  dan klik "boot ulang"



16. kalian hanya cukup klik "enter"



17. dan proses installasi sudah selesaiii. kalian sudah bisa loginnn :D





YAPSSS... Sekiannn Tutorial yang dapat saya bagikan kalo misalkan ada kesalahan dalam penulisan dan penjelasan, di maafinnn yaaa. hehe


~TRIMAKASIH~ 















0 komentar:

Posting Komentar

 
Top